Balas Jasa

   Setelah memakan mangsanya, seekor singa besar jatuh tertidut. Ketika ia sedang terlelap dalam mimpi, ia merasa ada sesuatu yang mengganggu di bulu tengkuknya. Dengan  jengkel, ia menangkap binatang kecil itu. Ternyata seekor tikus.
   "Mengapa kamu mengganguku. Apa yang kau cari disini!" geram singa itu.
    "Oh, maafkan aku, tuanku. Kiraku jerami. Aku sedang mencari jerami untuk membuat sarang. Lepaskan, aku tuan!"
   Beberapa hari kemudian, datanglah beberapa pemburu sedang mencari singa untuk dimasukkan ke dalam kebun binatang. Akhirnya, singa itu terperangkap oleh jerat. Si raja hutan itu mengaum marah sampai rimba bergetar karena geramnya. Ia mengaum bagaikan halilintar.
   Tikus, binatang kecil itu mendengarnya. Katanya, "aku kenal suara itu." Ia berlari kencang ke arah suara itu. Ia melihat raja hutan terjerat dalam jala dan sedang ditarik. 
   "Tenanglah dan saya akan memutuskan tali-tali jerat ini," kata tikus kecil itu pelan. Dengan cepat ia mulai menggerogoti tali-tali dan akhirnya singa itu dapat melarikan diri.


Pesan : Seekor tikus pun tahu balas budi/jasa, dan mampu membebaskan seekor singa. Apakah kita tidak dapat berbuat seperti itu kepada seseorang yang  berbuat baik (seperti kasih Tuhan dan orang tua) dan jahat kepada kita. Mari kita renungkan!

No comments:

Populer Post